22 Sep 2012

Mengerti Kehendak Tuhan

BAGAIMANA KITA MENGERTI KEHENDAK TUHAN 
  • Ev. Debby Basjir
  • 26 Agustus 2012 - Pk. 09.00 WIB | Ibadah Raya II

Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. 

Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. 

Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu. 

Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup (Rom. 8:5-13). 

Seringkali kita mengidentikkan kekayaan materi dengan berkat Tuhan tetapi Alkitab mengatakan tidak selamanya kekayaan materi itu dari Tuhan sebab iblispun dapat memberi kekayaan materi. Tetapi ketika kita mengerti kehendak Tuhan maka berkat materi itu akan dicurahkan tetapi bukan hanya kekayaan materi bahkan ketika penderitaan itu datang kepada kita kalau itu memang kehendak Tuhan itu menjadi berkat tersendiri buat kita untuk kita mengerti kehendak Tuhan. 

Firman Tuhan berkata; Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami. Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal. (2 Kor. 4:16-18) 


Bagaimana supaya kita mengerti Kehendak Tuhan : 

Menjauhkan diri dalam Kedagingan Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. Tuhan menginginkan setiap anak-anak Tuhan hidup dalam kehendak dan rencana Tuhan, dengan meninggalkan keinginan daging hidup dalam keduniawian. 

Hidup dalam Kekudusan Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: 

Kuduslah kamu, sebab Aku kudus. (1 Ptr. 1:14-16) Hiduplah dalam kekudusan selama kita hidup dalam dunia ini, sebab tidak lama lagi Tuhan datang dan waktunya akan tiba Tuhan akan mengangkat anak-anak Tuhan yang hidup dalam kekudusan. 

Mari kita terus berjalan dalam kehendak dan rencana Tuhan sebab untuk itulah kita dipanggil menjadi anak-anak Tuhan yang berkenan kepadaNya untuk menerima berkat promosi dan multiplikasi yang Tuhan sediakan bagi anak-anak Tuhan yang berkenan kepadaNya. Maju terus dalam Tuhan sebab bersama Tuhan kita melakukan perkara yang besar dan kita mendapatkan berkat yang besar…. Amin 

"TUHAN YESUS MEMBERKATI"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar